Popular posts

Powered by Blogger.

Blog Archive

Unknown On Tuesday, February 19, 2013


Waduk Gunung Rowo merupakan sebuah waduk yang terletak di desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten PATI. Waduk ini terletak di lembah di antara beberapa puncak bukit di lereng Pegunungan Muria sebelah timur. Dengan luas areal area waduknya sekitar +320 Ha.
Lokasi waduk sangat mudah dijangkau dari Kota Pati sebagai ibukota kabupaten. Dengan banyaknya angkutan kota yang tersedia sampai sore hari, dengan satu kali naik angkutan (Jurusan Pati – Gunung Rowo) sampailah kita ke ujung jalan yang merupakan pintu masuk Waduk Gunung Rowo. Juga bagi yang membawa kendaraan pribadi akan mudah karena tidak banyak persimpangan yang harus di lalui dan hanya mengkuti satu jalan utama yang akan mengantar kita sampai ke lokasi. (Wikipedia).
Nama gunung rowo konon bermula ketika laksamana cengho mengunjungi sunan muria,kemudian ketika mengunjungi tempat yang kini dinamakan gunung rowo ini terjadi perbedaan pendapat antara keduanya.sunan muria mengatakan tempat itu adalah gunung sedangkan laksamana cengho mengatakan itu adalah rawa.ahirnya untuk mengahiri perbedaan pendapat tempat itu dinamakan gunung rowo yaitu gabungan kata gunung dan rowo.
Selain sebagai sarana penampungan air, ditempat itu juga menyimpan berbagai pesona keindahan yang tak kalah menakjubkannya dengan obyek wisata lainnya yang ada dikabupaten Pati. Meskipunpada kenyataannya belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat.
Disebelah timur Waduk, ada semacam bukit kecil yang menyerupai Taman. yang dimana ditempat itu biasa digunakan oleh para Pengunjung yang kebanyakan muda-mudi untuk sekedar  melepas lelah sambil menikmati pemandangan Waduk Gunung rowo dengan latar belakang pegunungan Muria nan membentang hijau dari atas bukit itu. Ditempat itupun juga dapat digunakan sebagai area camping bagi para wisatawan, Karena tempatnya yang luas dan juga sejuk. Disekeliling  area itupun banyak berdiri warung-warung yang menyediakan makanan atau sekedar cemilan bagi para pengunjung yang kebetulan beristirahat disitu.
Bukit kecil disebelah timur Waduk Gunung Rowo
Di sebelah timur waduk Gunung Rowo tersebut, terdapat sebuah tanggul penahan air yang sekaligus berfungsi sebagai jalan raya untuk kendaraan yang melintasi waduk. Bila kita berdiri di atas tanggul dan menghadap ke timur, kita bisa melihat Laut Jawa secara jelas apabila cuaca sedang dalam kondisi cerah.
Tanggul Penahan air yang juga berfungsi sebagai jalan raya
Bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, disitupun terdapat lahan yang sangat luas  yang biasa digunakan sebagai area parkir kendaraan baik motor ataupun mobil dari para wisatawan yang berkunjung di Waduk Gunung Rowo tersebut.
Waduk Gunung Rowo ini, Selain berfungsi sebagai tempat wisata alam. juga sebagai tempat bagi penduduk setempat yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan di mana mereka biasa menjala ikan yang cukup melimpah di waduk ini. Tidak heran banyak penjual ikan olahan yang membuka warung di sekitar waduk dengan harga terjangkau. So, tidak ada salahnya bagi yang belum berkunjung kesana untuk mencoba menikmati keindahan alam sambil menikmati Ikan Bakar yang ada disekitar area itu.   :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments